Aman Belanja Online Batik Tulis Lasem, Hub. Jeng Ida, 081325998129 / WA: 08773307331 / BB: 291327FC.


Sejarah Batik Lasem

Sejarah Batik Lasem berkorelasi erat dengan kedatangan Laksamana Cheng Ho pada tahun 1413. Babad Lasem karangan Mpu Santri Badra di tahun 1401 Saka ( 1479 M), ditulis ulang oleh R Panji Kamzah tahun 1858 mengungkapkan, anak buah kapal Dhang Puhawang Tzeng Ho dari Negara Tiong Hwa, Bi Nang Un dan istrinya Na Li Ni memilih menetap di Bonang setelah melihat keindahan alam Jawa.

Di tempat mukim baru ini, Na Li Ni mulai membatik bermotifkan stailisasi ornamen burung hong, liong, bunga seruni, banji, dan mata uang. Kelir batik favoritnya adalah warna merah darah ayam khas Tiong Hwa. Motif-motif dan warna merah getih pitik tersebut akhirnya menjadi ciri khas unik Batik Lasem.


Aneka Motif Batik Tulis Lasem


Batik Tulis Lasem Sekar Jagad Tiga NegeriKeunikan Batik Tulis Lasem   / Lasem Batik Art mendapat tempat penting di dunia perdagangan. Pedagang antar pulau dengan kapal mengirim Batik Lasem ke seluruh wilayah Nusantara.

Bahkan diawal abad XIX Batik Lasem sempat diekspor ke manca negara, seperti ke Thailand dan Suriname.

Batik Lasem memasuki masa kejayaan. Booming Batik Lasem membuat perajin menjadi semakin kreatif. Motif-motif baru, seperti latohan, gunung ringgit, kricakan atau watu pecah bermunculan.

Syahdan, perajin menciptakan motif kricakan karena terinspirasi penderitaan rakyat saat harus memecah batu-batu besar untuk dibuat jalan raya (kini jalan raya pantura) atas perintah Daendels.

Batik Lasem terus menorehkan catatan emas hingga menjelang berakhirnya penjajahan kolonial Belanda. Para pengusaha Batik Lasem yang berasal dari kalangan Tionghoa mendapat tempat istimewa di penduduk pribumi karena membuka banyak lapangan kerja.

Masa kejayaan batik yang menjadi ikon pembauran budaya Jawa dan Cina itu mulai menyurut tahun 1950-an. Penyebab utama kemunduran Batik Lasem adalah karena terdesak oleh maraknya batik cap di berbagai daerah. Selain itu, juga dikarenakan kondisi politik yang menyudutkan etnis Cina yang merupakan penguasa perdagangan Batik Lasem.

Menurut data Forum Economic Development (Fedep) Rembang, tahun 1950-an ada sekitar 140 pengusaha Batik Lasem. Tahun 1970-an jumlahnya merosot hingga tinggal separo. Puncaknya tahun 1980-an pengusaha Batik Lasem hanya tinggal mencapai 7 orang saja yang aktif. Selanjutnya perkembangan Batik Lasem terus mengalami pasang dan surut.

Anda Butuh Batik Tulis Lasem?

Batik Tulis Lasem Naga B15Belanja batik online saja di Lasem Batik Art.com! Selain menghemat waktu dan tenaga, batiknya berkualitas, harganya murah banget!

Lasem Batik Art.com melayani secara online order aneka motif Batik Tulis Lasem, Batik Lawas, Batik Kuno, dll.

Jangan khawatir, dijamin aman belanja batik online di Lasem Batik Art.com.

Toko batik online milik Jeng Ida Rembang ini berkomitmen menjaga kepercayaan para pelanggan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan manca negara / luar negeri.

Lasem Batik Art.com pasti mengirim setiap batik Lasem yang dibeli oleh para pelanggan. Setiap dana yang masuk ke rekening Lasem Batik Art.com bermakna kepastian Batik Lasem sampai di alamat tujuan dan diterima dengan baik oleh pelanggan.

Lasem Batik Art.com dipercaya dan berpengalaman mengirim Batik Tulis Lasem aneka motif, serta Batik Tulis lawas dan kuno, ke berbagai kota dan daerah di Indonesia, diantaranya Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang Banten, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Sidoarjo, Madiun, Sragen, Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, Jogyakarta, Kuta, Tabanan, Denpasar Bali, Lampung, Palembang, Medan, Pekan Baru, Riau, Batam, Makassar, Samarinda, Balikpapan, Sangatta Kutai Timur Kalimantan Timur, dan kota-kota lainnya.

Lasem Batik Art.com juga pernah mengirim aneka Batik Tulis Lasem ke beberapa Negara, diantaranya ke Belanda, Singapura, dan Malaysia.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Jeng Ida,
081325998129
admin@lasembatikart.com
Jl. P Sudirman No.3 Rembang
Jawa Tengah Indonesia.


Aneka Motif Batik Tulis Lasem


Batik Lasem Jakarta


Batik Lasem Bali


BatikIn.com:
Batik Fashion & Craft: Busana Batik & Souvenir Batik.


Batik Rembang.com:
Info Pusat Oleh-oleh Batik Rembang dan Batik Lasem


MESIN STEMPEL WARNA PAKET KOMPLIT Rp 1,700,000:
Cara Murah & Mudah Mulai Bisnis Stempel
Info detail klik disini!

Bookmark and Share