Aman Belanja Online Batik Tulis Lasem, Hub. Jeng Ida, 081325998129 / WA: 08773307331 / BB: 291327FC.


Praktek Membuat Batik Tulis

Membatik tulis sesungguhnya mudah. Asal sabar dan cukup berlatih, siapa pun pasti bisa membatik tulis. Membatik tulis di kain / mori sejatinya nyaris sama dengan menulis di kertas, namun alat tulisnya bukan pena melainkan canting. Tintanya juga berupa cairan malam atau lilin batik.


Paket Komplit Praktek Membatik Tulis Rp 100.000
order klik disini!


Membatik yuk..! Sebagai permulaan, kita praktek / belajar membuat Batik Tulis Satu Warna. Berikut langkah-langkahnya:

1. SIAPKAN ALAT MEMBATIK:

a. Kompor Kecil

Kompor BatikKompor kecil ini berbahan bakar minyak tanah. Ada alat untuk mengatur besar kecilnya api, sehingga bisa mendapatkan panas sesuai yang dikehendaki.

Kompor ini berfungsi sebagai alat pemanas untuk memasak hingga lilin / malam batik mencair.

 

 

 

 

 

b. Wajan Kecil

Wajan BatikWajan berbahan besi cor ini diletakan di atas kompor yang apinya menyala.

Wajan berfungsi sebagai tempat / wadah malam / lilin batik saat dipanaskan hingga mencair.

 

 

 

 

 

c. Canting

Canting BatikCanting berbahan tembaga / kuningan. Layaknya pena, canting ini berfungsi untuk menorehkan malam / lilin batik cair di kain.

Canting ini terdiri dari tiga bagian, yakni badan canting berfungsi untuk mengambil dan menampung lilin. Paruh / cucuk canting berfungsi sebagai saluran lilin cair yang ujungnya untuk menulis motif pada kain. Tangkai / gagang canting berfungsi untuk pegangan agar tidak panas.

Untuk menghidari saluran canting buntu / tersumbat, setelah diisi lilin / malam cair  sebaiknya meniup pada paruh canting.

d. Gawangan

Gawangan biasanya berbahan kayu atau bambu, wujudnyanya seperti miniatur gawang sepak bola. Gawangan berfungsi untuk meletakan kain yang sedang dibatik. Jika ukuran kain kecil, bisa tidak memakai gawangan.

2. SIAPKAN BAHAN BATIK:

a. Kain / mori

Desain Motif BatikKain mori ada berbagai jenis dan kualitas, serta dibuat oleh pabrik yang berbeda-beda. Pilihlah kain mori dan potonglah sesuai kebutuhan.

Kain mori sebaiknya diketel sebelum dibatik. Ketel adalah proses merapatkan dan menghaluskan pori-pori kain mori, tujuannya untuk mendapatkan hasil batikan yang bagus dan halus.

Kain mori sebaiknya sudah ada desain motif batiknya, sehingga memudahkan dalam praktek membatik tulis. Tapi kita juga bisa membatik tulis ekpresionisme, langsung membatik tanpa membuat desain motif batik terlebih dahulu.

Untuk praktek membatik tulis kali ini tersedia contoh potongan kain / mori berdesain motif batik. Meski ukurannya kecil, cukup untuk berlatih.

b. Malam / Lilin Batik

Lilin / Malam BatikAda banyak jenis malam / lilin yang digunakan untuk membatik, misalnya gondorukem, damar, paraffin, dan mikrowax. Silakan pilih sesuai kebutuhan.

Malam / Lilin batik berperan sangat vital karena menentukan kesempurnaan motif batik. Lilin batik berfungsi untuk menutup bagian kain / motif yang dibuat agar tidak terkena cairan pewarna saat proses pewarnaan batik.

Untuk praktek membatik tulis kali ini tersedia malam / lilin batik seberat 250 gram. Gunakan secukupnya sesuai kebutuhan.

c. Pewarna.

Pewarna BatikAda banyak jenis bahan pewarna batik, contohnya Indigo, Soga, Naphtol, Rapid, dan Remasol. Silakan pilih sesuai kebutuhan.

Namun yang pasti, setiap pembatik memiliki rahasia dalam meramu bahan warna untuk mendapatkan warna khas sesuai yang diinginkan.

Praktek membatik tulis kali ini kita menggunakan bahan pewarna Remasol. Tersedia bahan warna merah dan biru. Pilihlah bahan warna biru atau merah, gunakan secukupnya sesuai kebutuhan.

Untuk mengunci warna batik digunakan Water Glass. Tersedia dua bungkus. Gunakan secukupnya sesuai kebutuhan.

 

SAATNYA PRAKTEK MEMBATIK TULIS

Setelah alat dan bahan batik disiapkan, saatnya kita belajar / praktek membatik tulis satu warna. Berikut langkah-langkahnya:

1. Kompor isi dengan minyak tanah secukupnya. Nyalakan apinya.

2. Wajan letakan di tungku kompor yang sudah apinya sudah nyala.

3. Malam / lilin batik masukkan ke wajan. Panaskan, masak lilin hingga mencair. Dapatkan panas lilin / malam batik cair yang tepat dan pas untuk membatik.

Lilin / malam batik yang terlalu panas kurang bagus untuk membatik tulis, karena mudah terbakar dan terlalu encer. Lilin / malam yang terlalu encer akan mengembang di kain dan tidak dapat membentuk goresan garis dengan baik.

Saat cairan lilin / malam batik terlalu panas turunkan suhu panasnya dengan mengecilkan api kompor atau menurunkan sesat dari tungku kompor.

Lilin / malam yang kurang panas pun kurang bagus untuk membatik. Lilin sulit keluar dari lubang paruh canting karena cepat membeku. Kalau pun dapat keluar, lilin / malam yang panasnya kurang akan membentuk goresan / garis batikan yang putus-putus.

Pengalaman memahami sifat lilin nantinya akan memudahkan kita dalam memperoleh panas lilin cair yang pas dan tepat untuk menghasilkan batikan yang terbaik.

Mencanting4. Gunakan canting untuk mengambil lilin / malam cair panas. Tiup paruhnya agar tidak buntu. Latihlah keterampilan tangan dengan melemaskan telapak tangan agar tidak canggung memegang canting dan menuliskan lilin pada kain.

5. Tuliskan ke kain yang desain motif batiknya sudah dipersiapkan. Saat mencanting, usahakan kedudukan kain miring, biasanya kain batik disampirkan di gawangan.

Posisi miring kain ini bertujuan agar lilin / malam cair yang terlalu panas tidak mengembang dan melebar, tetapi mengalir ke bawah. Jika lilin cair tumpah juga tidak mengenai kain.

Selain itu, posisi kain usahakan juga rata. Tujuannya agar hasil batikan bagus. Kain yang menggelembung atau ada bekas lipatan sangat mengganggu proses membatik.

SAATNYA MEWARNAI BATIK

Setelah selesai membatik tulis di kain mori, langkah berikutnya adalah mewarnai kain mori yang desain motifnya sudah tertutup lilin / malam batik. Kali ini kita praktek mewarnai batik dengan menggunakan bahan pewarna Remasol. Berikut caranya:

A. MEWARNA:

Mewarna Batik dengan Remasol1.Siapkan ember, isi air secukupnya, sesuai kebutuhan.

2.Tuangkan bubuk pewarna Remasol secukupnya, sesuai kebutuhan. Aduk campuran air dan Remasol hingga merata dan melarut.

3.Masukan dan celup-celupkan kain batikan ke dalam larutan pewarna, hingga betul-betul meresap dan merata. Setelah dirasa cukup, angkat kain batikan dari larutan pewarna, dan angin-anginkan agar kering.

B. MENGUNCI WARNA:

1.Siapkan ember, isi air secukupnya, sesuai kebutuhan.

2.Masukan water glass ke dalam air secukupnya, sesuai kebutuhan. Aduk hingga melarut dan merata.

3. Masukan kain batikan yang sudah berwarna dan kering tadi ke dalam larutan water glass. Celup-celupkan hingga merata.

4.Setelah dirasa cukup, angkat dan angin-anginkan hingga kering. Diamkan selama sehari.

MELOROD BATIK

Sehari setelah kain batik selesai diberi warna, kain batik tersebut dilorod, yakni membersihkan seluruh lilin / malam dari kain batik dengan cara memasukan kain batik ke dalam air panas / rebus. Aduk-aduk hingga seluruh malam / lilin batik lepas dari kain batik..

Selesai dilorod, kain batik dicuci hingga bersih, lalu dijemur ditempat teduh. Setelah kering, jadilah batik tulis hasil  kreasi Anda. Selamat ya!


Paket Komplit Praktek Membatik Tulis Rp 100.000
order klik disini!


Rajin berlatih membatik adalah kunci utama menghasilkan batik tulis yang unik, indah, cantik menawan.

Butuh Batik Tulis Lasem?

Belanja Batik Lasem online saja di Lasem Batik Art.com! Selain menghemat waktu dan tenaga, Batik Tulis Lasem berkualitas harganya murah!


Koleksi Batik Tulis Lasem Kawung
lihat…klik disini!


Batik Tulis Lasem Kawung 3 NegeriJangan khawatir, dijamin aman belanja online Batik Tulis Lasem di Lasem Batik Art.com.

Toko batik Lasem online milik Jeng Ida ini selalu berkomitmen menjaga kepercayaan yang diberikan oleh para pelanggan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan manca negara / luar negeri.

Lasem Batik Art.com pasti mengirim Batik Tulis Lasem yang dibeli oleh pelanggan. Setiap dana yang masuk ke rekening Lasem Batik Art.com bermakna kepastian Batik Tulis Lasem diterima dengan baik oleh pelanggan.

Lasem Batik Art.com dipercaya & berpengalaman mengirim Batik Tulis Lasem aneka motif, serta Batik Tulis lawas dan kuno, ke berbagai kota dan daerah di Indonesia, diantaranya Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, Banten, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Sidoarjo, Madiun, Sragen, Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, Jogyakarta, Kuta, Tabanan, Denpasar Bali, Lampung, Palembang, Medan, PekanBaru, Riau, Batam, Makassar, Samarinda, Balikpapan, dan kota-kota lainnya.

Lasem Batik Art.com juga pernah mengirim aneka Batik Tulis Lasem ke beberapa Negara, diantaranya ke Belanda, Singapura, dan Malaysia.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Jeng Ida
081325998129
PIN BB: 291327FC
admin@lasembatikart.com
www.lasembatikart.com
Jl. P Sudirman No. 3 Rembang
Jawa Tengah Indonesia.


Aneka Motif Batik Tulis Lasem


Batik Lasem Jakarta


Batik Lasem Bali


Batikin.com:
Batik & Fashion


MESIN STEMPEL WARNA PAKET KOMPLIT Rp 1,700,000:
Cara Murah & Mudah Mulai Bisnis Stempel
Info detail klik disini!

Bookmark and Share